5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Obat darah tinggi – 2 bulan lagi tepatnya tanggal 12 mei 2017 merupakan hari dimana diperingati hari hipertensi sedunia, Dimana menjadi hari yang cukup special untuk penderita tekanan darah tinggi sebagai hari dimana pengingat akan tetap terus mengontrol tekanan darah tinggi hingga mengurangi dampak yang di akibatkan oleh tekanan darah tinggi.

Darah tinggi adalah salah satu aktor utama yang banyak menyebabkan penyakit tidak menular lainnya seperti g angguan jantung, stroke dan lain lain.

Hasil penelitian secara acak di 15 kab. dan kota di wilayah indonedia yang di lakuka pada tahun 2011-2012 di temukan fakta bahwa 17.7% kematian di sebabkan storek dan 10.0% di sebabkan gangguan jantung

Kedua penyakit penyebab kematian teratas ini dasarnya di picu oleh tekanan darah tinggi.

Itulah mengapa penderita tekanan darah tinggi perlu memperhatikan asupan yang dikonsumsinya.

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi perlu mewaspadai makanan yang di konsumsinya, Takutnya bisa jadi salah satu pemicu tekanan darah naik kembali.

5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Yang perlu di ingat oleh penderita tekanan darah tinggi adalah mengkonsumsi makanan yang rendah kadar garam, lemak, karbohidrat dan gula.

Dan bagi anda penderita tekanan darah tinggi perhatikan 5 Pantangan Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi berikut ini:

1.Bakwan dan Gehu

Bakwan dan gehu merupakan salah satu gorengan yang biasa di konsumsi oleh sebagian masyarakat indonesia, Namun bagi anda penderita tekanan darah tinggi baiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Bakwan dan Gehu mengandung kadar lemak yang cukup tinggi, kadar karbohidrat yang cukup tinggi dan garam yang cukup tinggi untuk ukuran mencukupi kebutuhan harian tubuh.

Terlebih lagi jika yang di konsumsi menggunakan minyak jelantah tentu akan tidak baik untuk kesehatan.

Selain bakwan dan gehu makanan seperti kentang goreng, donat, cakwe, pisang goreng dan makanan yang di goreng baiknya di hindari dahulu.

2.Susu dan Produk Susu Yang Belum Terpasteurisasi

Pasteurisasi sangat penting dalam pengolahan susu, Selain dapat menghilangkan bakteri pasteurisasi pun bermanfaat untuk dapat mengurangi hingga menghilangkan lemak di susu.

Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi hindari mengkonsumsi susu dan produk susu yang belum terpasteurisasi karen di ketahui kandungan lemaknya cukup tinggi.

3.Mie Instan

Makan mie instan sangat di gemari oleh banyak kalangan, Mudahnya membuat mie hingga matang mejnadi salah satu asalan mengapa mie instan menjadi favorit.

Untuk orang dengan kondisi kesehatan yang baik mengkonsumsi mie instan memang bukan masalah, Namun bagi anda yang memiliki kondisi tekanan darah tinggi penting untuk tidak mengkonsumsi mie instan.

Mengapa? Karena dalam mie instan mengandung MSG yang kada nya cukup tinggi, Hal itu bisa di rasakan saat mengkonsumsi mie instan dimana rasanya sangat kuat dan gurih.

Selain mengandung MSG yang kurang baik untuk kesehatan, Mie instan pun kada karbohidratnya cukup tinggi sehingga dapat memicu obesitas dan tekanan darah tinggi.

4.Gula Pasir

Gula adalah salah satu zat yang dapat dimanfaatkan menjadi energi dalam tubuh, Gula sama dengan karbohidrat, Jika kadarnya berlebihan malah akan memperburuk kondisi kesehatan.

Solusinya adalah dengan menganti gula pasir dengan gula dari daun stevia yang lebih sehat.

Hindari konsumsi minuman manis seperti minuman bersoda dll.

5.Daging Merah

Daging salah satu makanan yang banyak di gemari, Karena rasanya yang gurih dan sangat menggugah selera, Bagi anda penderita tekanan darah tinggi hindari lah beberapa daging seperti daging merah, daging bagian paha ayam, daging bagian sayap, kepala ayam, daging sapi dengan serat lemak yang banyak serta daging yang memiliki kadar lemak yang tinggi.

Sebagai alternatif untuk asupan protein anda dapat memilih daging ikan yang lebih sehat, tempe atau tahu.

Baca juga :

rifaldiridwan