Mengapa Darah Tinggi Menyebabkan Stroke

Obat Darah Tinggi – Dari data yang ada orang orang yang beranjak usia dari usia 18 tahun 1/3 diantaranya memiliki kemungkinan menderita penyakit tekanan darah tinggi, Sementara data lainnya menyebutkan bahwa dari semua penderita penyakit stroke 50% diantaranya juga mengidap tekanan darah tinggi.

Dimana ini jadi indikasi adanya kaitan antara penyakit darah tinggi dengan stroke.

Menurut Dr. Sohail Al Rukn Konsultan Stroke dan Neurologi sekaligus Ketua stroke unit at Rashid Hospital and President of the Emirates Neurology Society, Mengatakan.

Darah tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular seperti jantung, pengerasan pembuluh darah, jantung koroner jantung iskemik hingga stroke, Dimana dengan mengontrol tekanan darah tinggi mampu menurunakn resiko stroke 30% .

Mengapa Darah Tinggi Menyebabkan Stroke

Stroke dan hipertensi menjadi masalah global yang sangat mempengaruhi kesehatan dunia, Badan kesehatan dunia atau WHI memperkirakan bahwa ada lebih dari 1 miliar orang menderita hipertensi. dan 2/3 nya merupakan penderita hipertensi di negara berkembang.

Dan pada tahun 2025 WHO memperkirakan 1.56 miliar orang akan menderita hipertensi itulah mengapa harus ada kesadaran tentang bahaya penyakit darah tinggi.

Lantas Mengapa Darah Tinggi Menyebabkan Stroke?

Dalam tubuh terdapat pembuluh darah yang berguna untuk menyuplai pasokan darah yang mengangkut oksigen ke dalam tubuh, Dimana organ yang paling banyak mendapatkan pasokan darah adalah otak.

Tekanan darah tinggi menyebabkan aliran darah yang mengalir lewat pembuluh darah sangat cepat sehingga menyebabkan tekanan dimana mana pada pembuluh darah.

Otak memiliki pembuluh darah yang kecil kecil dimana tekanan darah yang berangsur secara terus menerus akan menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di otak, Yang mana bisa menyebabkan pengerasan pembuluh darah atau bisa juga pecah pembuluh darah.

Ini lah yang menyebabkan stroke akibat penyakit darah tinggi. Pembuluh darah yang mengeras dan pecah akan menganggu suplai oksigen di otak sehingga menyebabkan penurunan fungsi pada otak yang menyebabkan gangguan sel sarah otak. Selain suplai oksigen yang terganggu darah yang keluar akibat pecah pembuluh darah bisa menyebabkan kerusakan jaringan di sekitarnya.

Stroke akibat hipertensi disebut dengan stroke hemoragik.

Itulah jawaban Mengapa Darah Tinggi Menyebabkan Stroke, Semoga bermanfaat bagi anda, Silahkan share jika artikel ini bermanfaat 🙂 .

Baca Juga:

Mengapa Darah Tinggi Menyebabkan Stroke

rifaldiridwan